December 14, 2011

USD/CHF Bergerak Terus ke Posisi Tertinggi dalam 11 Bulan


(Vibiznews – FX) – Pola pergerakan pasangan USD/CHF menunjukkan kondisi bullish yang sangat solid (15/12). Pair ini melanjutkan kenaikannya untuk empat hari berturut-turut ditopang oleh momentum dolar AS yang sedang bullish terhadap rival-rivalnya. USD/CHF saat ini sudah berada pada posisi tertinggi dalam 11 bulan belakangan.

Pada perdagangan hari ini pair USD/CHF mencapai posisi 0.9540. Posisi ini merupakan yang tertinggi sejak tanggal 17 Februari lalu, atau 11 bulan belakangan. Pair ini mengalami kenaikan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada pada posisi 0.9533 dolar.

Potensi kenaikan lanjutan masih dimiliki oleh pasangan USD/CHF ini. Adanya prakiraan ekonomi dengan outlook negatif yang dirilis oleh State Secretariat for Economic Affairs (SECO) Swiss kemarin, memberikan tekanan yang cukup kuat terhadap Franc Swiss.

Kekhawatiran bahwa Swiss menghadapai kondisi ekonomi yang dapat menyerupai free fall seperti pada tahun 2008, memberikan sentimen negatif yang cukup dahsyat. Tadi malam data ZEW Economic Expectations menunjukkan penurunan ke level -72 poin dari -64.3 poin pada rilis data bulan lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pasangan USD/CHF masih mampu melanjutkan penguatan meskipun pada sesi Asia cenderung tertahan. Pasar disarankan untuk mewaspadai adanya rebound teknikal karena kondisi saat ini sudah overbought.

(Ika Akbarwati/IA/vbn)
Bookmark and Share

Berita Terkait :

No comments: