December 27, 2011

Lesunya Rilis Data Ekonomi Jepang Berikan Tekanan Dolar-Yen

Rabu, 28 Desember 2011 10:00 WIB

(Vibiznews – FX) – Pada perdagangan hari ini pergerakan dolar-yen kembali mengalami penurunan (28/12). Pasangan kurs dolar-yen ini melemah setelah dirilis berbagai data ekonomi dari Jepang. Produksi sector industry di Jepang mengalami penurunan di bulan November lalu seiring dengan menguat tajamnya yen yang hingga saat ini masih berada di kisaran tertinggi sejak akhir PD II lalu.

Data prelim industrial production mengalami penurunan sebesar 2.6% dibandingkan bulan Oktober sebelumnya. Data penjualan eceran di bulan November juga sangat mengecewakan dengan membukukan penurunan tahunan sebesar 2.3%. Sementara itu tingkat pengangguran tetap berada di level 4.5%.

Data ekonomi yang mengecewakan dari Jepang ini mendorong para pelaku pasar untuk membeli yen sehingga dolar-yen kembali terperosok melemah. Dolar-yen saat ini berada di level 77.79, mengalami penurunan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada pada posisi 77.86. dolar-yen tampak mengalami koreksi setelah pada tanggal 23 Desember lalu mengalami peningkatan hingga ke posisi tertinggi sejak tanggal 29 November.

No comments: