December 28, 2011

Aussie Melemah 3 Hari Berturut-turut Dipicu oleh Lesunya Bursa Saham Akibat Kekhawatiran Eropa

Kamis, 29 Desember 2011 08:30 WIB

(Vibiznews – FX) – Pada perdagangan pagi hari ini nilai tukar aussie mengalami penurunan untuk tiga hari berturut-turut terhadap dolar AS (29/12). Melemahnya mata uang Australia ini terjadi setelah risiko mengenai krisis Eropa makin membesar. Para pelaku pasar mulai kembali menurunkan permintaan terhadap mata uang yang memberikan imbal hasil dan risiko tinggi seperti aussie.

ECB kemarin menyatakan bahwa neracanya mengalami kenaikan hingga mencapai rekor tertinggi setelah minggu lalu secara jor-joran menyalurkan pinjaman kepada bank-bank di Eropa. Para pelaku pasar fokus pada penjualan obligasi Italia yang akan dilakukan hari ini. Direncanakan Italia akan menjual 8.5 miliar euro (11 miliar dolar) obligasi pemerintahnya yang akan jatuh tempo antara tahun 2014 hingga 2022 mendatang.

Pada hari ini aussie terpantau berada pada posisi 1.0071 dolar. Aussie mengalami penurunan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.0093 dolar. Hari ini aussie sempat mengalami penurunan ke posisi 1.0045 dolar yang merupakan posisi terendah sejak tanggal 20 Desember lalu.

No comments: